Memulihkan Akses Ke Akun Email Di Android

Namun, Anda tidak sendirian dalam perjalanan ini. Kebanyakan dari kita pernah mengalami kebingungan serupa.

Mungkin Anda baru saja mengganti sandi email Anda dan tiba-tiba tidak dapat mengingatnya. Atau mungkin perangkat Android Anda secara otomatis menyimpan sandi untuk Anda sehingga Anda tidak pernah benar-benar harus mengingatnya, hingga suatu hari Anda harus login dari perangkat lain. Tidak perlu khawatir, karena ada beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk membantu mengatasi masalah ini.

Mengatasi Lupa Sandi Email di Perangkat Android

Kehilangan akses ke akun email di perangkat Android bisa menjadi pengalaman frustrasi. Namun, jangan khawatir, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi masalah ini.

Langkah-langkah Pertama

Langkah pertama yang bisa Anda coba adalah merenung sejenak untuk melihat apakah Anda mungkin telah mencatat atau menyimpan sandi email Anda di tempat yang aman. Terkadang, sandi yang lupa mungkin telah Anda catat di buku catatan atau dalam aplikasi pengelola kata sandi. Pastikan Anda telah mencoba semua kemungkinan sandi yang mungkin sebelum beralih ke langkah-langkah selanjutnya.

Menggunakan Opsi Lupa Sandi

Jika langkah pertama tidak berhasil, langkah selanjutnya adalah menggunakan opsi "Lupa Sandi" yang biasanya disediakan oleh penyedia layanan email Anda. Pada layar masuk, biasanya Anda akan melihat opsi "Lupa Sandi" atau "Tidak dapat mengakses akun Anda?" Ketuk opsi ini dan ikuti petunjuk yang diberikan. Anda mungkin diminta untuk memasukkan alamat email atau nomor telepon cadangan yang telah Anda tambahkan sebelumnya. Setelah itu, ikuti langkah-langkah verifikasi yang ditawarkan untuk mereset sandi Anda.

Memulihkan Melalui Akun Google

Jika menggunakan akun Google untuk masuk ke perangkat Android Anda, Anda juga memiliki opsi untuk memulihkan sandi melalui akun Google. Pergi ke situs web pemulihan akun Google melalui perangkat atau komputer lain. Masukkan alamat email yang terkait dengan akun yang lupa sandinya dan ikuti langkah-langkah pemulihan yang diberikan. Google akan memberikan opsi untuk mengirimkan kode verifikasi ke alamat email atau nomor telepon cadangan yang telah Anda atur sebelumnya.

Menghubungi Dukungan Teknis

Jika semua upaya di atas tidak berhasil, langkah terakhir yang bisa Anda coba adalah menghubungi dukungan teknis dari penyedia layanan email Anda. Mereka biasanya memiliki tim dukungan yang siap membantu Anda mengatasi masalah akses akun. Kunjungi situs web penyedia layanan email Anda atau cari informasi kontak dukungan teknis di mesin pencari. Pastikan Anda siap memberikan informasi yang diperlukan untuk membuktikan kepemilikan akun, seperti data pribadi atau nomor ID.

Mengatasi lupa sandi email di perangkat Android memang bisa menantang, tetapi dengan langkah-langkah ini, Anda memiliki peluang yang baik untuk mendapatkan kembali akses ke akun Anda. Ingatlah untuk selalu mencatat sandi dengan aman dan mungkin mempertimbangkan menggunakan aplikasi pengelola kata sandi untuk membantu menghindari masalah ini di masa depan.

Memulihkan Sandi Email dengan Akun Google

Jika merasa kesulitan mengakses akun email Anda karena lupa sandi, jangan khawatir! Akun Google menyediakan fitur pemulihan sandi yang mudah digunakan. Langkah pertama adalah mengakses menu "Lupa Sandi" pada halaman masuk akun email. Biasanya, Anda akan menemukan tautan ini di bawah kotak masuk atau pada halaman masuk itu sendiri. Klik tautan "Lupa Sandi" untuk memulai proses pemulihan.

Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email yang ingin Anda pulihkan sandinya. Pastikan Anda mengisi alamat email dengan benar. Setelah itu, Anda akan diberikan beberapa opsi pemulihan, seperti menggunakan nomor telepon yang terkait dengan akun atau menjawab pertanyaan keamanan yang sudah Anda atur sebelumnya. Pilih opsi yang paling sesuai dengan informasi yang Anda miliki untuk melanjutkan.

Langkah penting selanjutnya dalam pemulihan sandi adalah verifikasi identitas Anda. Google akan meminta Anda untuk memberikan informasi tambahan sebagai tindakan keamanan. Hal ini bisa termasuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui email atau nomor telepon yang terdaftar. Pastikan Anda mengikuti petunjuk dengan cermat dan memberikan informasi yang benar.

Setelah Anda berhasil melewati tahap verifikasi, Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan sandi baru.

Sekarang, saatnya membuat sandi baru untuk akun email Anda. Pilih sandi yang kuat dan sulit ditebak oleh orang lain. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, serta simbol untuk meningkatkan keamanan akun Anda. Pastikan Anda menyimpan sandi ini dengan aman dan tidak memberikannya kepada siapa pun.

Setelah Anda mengatur sandi baru, Anda akan segera dapat menggunakannya untuk masuk ke akun email Anda.

Agar menghindari kejadian lupa sandi di masa depan, ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa Anda ambil. Pertama, pastikan Anda menggunakan sandi yang kuat dan tidak menggunakan sandi yang sama untuk beberapa akun. Aktifkan juga fitur verifikasi dua langkah untuk memberikan lapisan keamanan ekstra pada akun Anda. Dengan fitur ini, Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke ponsel Anda saat mencoba masuk.

Selalu perbarui informasi kontak cadangan, seperti nomor telepon atau alamat email alternatif, sehingga Anda memiliki opsi pemulihan yang lebih banyak jika lupa sandi. Ingatlah untuk secara rutin memeriksa dan memperbarui informasi ini sesuai kebutuhan.

Menggunakan Kontak Keamanan untuk Mengembalikan Akses

Ketika Anda mendapati diri Anda terkunci dari akun Anda, kehilangan akses mungkin bisa menjadi situasi yang sangat menyulitkan. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mendapatkan kembali akses ke akun Anda dengan bantuan kontak keamanan yang Anda tetapkan sebelumnya.

Menghubungi Teman Kepercayaan

Salah satu cara untuk mengembalikan akses ke akun Anda adalah dengan menghubungi teman kepercayaan yang telah Anda tentukan sebelumnya. Teman kepercayaan ini biasanya adalah orang-orang yang Anda percayai sepenuhnya dan dapat membantu Anda dalam situasi darurat seperti ini. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu menghubungi mereka dan meminta bantuan untuk mereset atau mengembalikan akses ke akun Anda.

Memanfaatkan Nomor Telepon Cadangan

Jika pernah menghubungkan nomor telepon cadangan ke akun Anda, ini bisa menjadi kunci untuk mengembalikan akses. Nomor telepon cadangan ini biasanya digunakan sebagai metode verifikasi tambahan yang memastikan bahwa Anda adalah pemilik sah dari akun tersebut. Ketika Anda terkunci dari akun, Anda dapat meminta layanan penyedia akun untuk mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon cadangan Anda. Setelah itu, Anda hanya perlu memasukkan kode tersebut untuk membuktikan identitas Anda dan mengembalikan akses ke akun Anda.

Meninjau Opsi Alternatif

Kadang-kadang, langkah-langkah di atas mungkin tidak memungkinkan atau tidak efektif untuk mengembalikan akses ke akun Anda. Dalam kasus seperti ini, penting untuk tetap tenang dan mempertimbangkan opsi alternatif lainnya.

Menghubungi Layanan Dukungan

Jika semua upaya untuk mengembalikan akses gagal, langkah selanjutnya adalah menghubungi layanan dukungan pelanggan penyedia akun Anda. Mereka biasanya memiliki tim yang siap membantu Anda mengatasi masalah seperti ini. Berikan informasi yang lengkap dan akurat tentang akun Anda, dan sertakan bukti identitas jika diperlukan. Tim dukungan akan memberikan panduan lebih lanjut tentang bagaimana Anda dapat mendapatkan kembali akses ke akun Anda.

Mempertimbangkan Keamanan Lainnya

Selain kontak keamanan dan nomor telepon cadangan, mungkin ada opsi keamanan lain yang bisa Anda manfaatkan, seperti alamat email alternatif, pertanyaan keamanan, atau metode otentikasi dua faktor. Coba pertimbangkan opsi-opsi ini dan lihat apakah Anda dapat menggunakan salah satunya untuk mengembalikan akses ke akun Anda.

Ingatlah, langkah-langkah di atas hanya beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan akses ke akun Anda. Penting untuk selalu menjaga keamanan akun Anda dengan menggunakan informasi yang akurat dan terbaru serta mengikuti petunjuk dari penyedia layanan. Dengan kesabaran dan usaha, Anda dapat mengatasi masalah kehilangan akses akun dengan sukses.

Mereset Sandi Email melalui Aplikasi Email

Buka Aplikasi Email .

Anda ingin mereset sandi email Anda tetapi tidak yakin bagaimana caranya? Jangan khawatir, proses ini bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi email Anda. Langkah pertama adalah membuka aplikasi email yang Anda gunakan di perangkat Anda. Cari ikon aplikasi email di layar beranda atau dalam daftar aplikasi. Ketika aplikasi terbuka, Anda akan melihat antarmuka utama yang menampilkan kotak masuk email Anda.

Pilih Opsi "Lupa Sandi" .

Setelah Anda membuka aplikasi email, langkah berikutnya adalah mencari opsi "Lupa Sandi." Biasanya, opsi ini dapat ditemukan pada layar masuk atau layar awal aplikasi. Biasanya terdapat tautan atau tombol dengan label "Lupa Sandi" atau "Lupa Kata Sandi." Klik atau ketuk opsi ini untuk melanjutkan proses pemulihan sandi.

Ikuti Panduan Pemulihan .

Setelah Anda memilih opsi "Lupa Sandi," aplikasi email akan mengarahkan Anda ke halaman pemulihan sandi. Di sini, Anda mungkin diminta untuk memasukkan alamat email Anda yang terkait dengan akun Anda. Pastikan Anda memasukkan alamat email yang benar dan masih aktif. Setelah itu, ikuti panduan pemulihan yang diberikan oleh aplikasi. Panduan ini mungkin termasuk langkah-langkah seperti memasukkan kode keamanan yang dikirimkan melalui email atau SMS, menjawab pertanyaan keamanan, atau menerima tautan untuk mengatur ulang sandi.

Ingatlah untuk mengikuti langkah-langkah dengan cermat dan teliti. Jika menghadapi masalah atau kesulitan selama proses pemulihan, biasanya terdapat opsi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut, seperti menghubungi dukungan pelanggan aplikasi email.

Jika khawatir tentang keamanan akun Anda, pastikan untuk menggunakan sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun online yang Anda miliki. Jangan lupa untuk menyimpan sandi Anda dengan aman atau menggunakan manajer sandi untuk mengelola kata sandi Anda secara efisien.

Jadi, jika pernah kehilangan atau lupa sandi email, jangan khawatir. Dengan beberapa langkah sederhana melalui aplikasi email, Anda dapat dengan cepat mereset sandi dan melanjutkan komunikasi online Anda.

Menerapkan Langkah Pencegahan Keamanan

Penting bagi setiap individu untuk menjaga keamanan data dan informasi pribadi mereka dalam lingkungan digital yang semakin kompleks. Salah satu cara efektif untuk melakukannya adalah dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan keamanan yang kuat.

Penggunaan Autentikasi Dua Faktor

Autentikasi dua faktor adalah langkah pertama yang sangat dianjurkan dalam melindungi akun online Anda. 2FA melibatkan lebih dari sekadar kata sandi. Ini melibatkan langkah tambahan, seperti kode yang dikirimkan melalui SMS atau aplikasi autentikasi, untuk membuktikan identitas Anda. Dengan mengaktifkan 2FA, Anda menciptakan lapisan perlindungan ekstra yang membuat lebih sulit bagi penjahat siber untuk mengakses akun Anda, bahkan jika mereka memiliki kata sandi Anda.

Selain keuntungan utama dalam mencegah akses tidak sah, 2FA juga dapat memberikan peringatan ketika ada aktivitas mencurigakan pada akun Anda. Jika seseorang mencoba masuk dari perangkat yang tidak dikenal, Anda akan menerima pemberitahuan segera. Dengan demikian, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengamankan akun Anda lebih lanjut.

Memperbarui Pertanyaan Keamanan

Pertanyaan keamanan adalah langkah pertama dalam proses pemulihan kata sandi. Namun, seringkali pertanyaan ini bisa menjadi titik lemah jika tidak dirancang dengan baik. Alih-alih menggunakan pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan di profil sosial Anda, pilih pertanyaan yang hanya Anda yang tahu jawabannya. Contohnya, pertanyaan seperti "Apa nama kucing pertama Anda?" dapat digantikan dengan "Apa nama panggilan rahasia teman Anda saat kecil?".

Pastikan juga untuk secara berkala memperbarui pertanyaan keamanan Anda. Penjahat siber dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber seiring waktu, jadi pertanyaan yang sama selama bertahun-tahun dapat menjadi risiko. Dengan memperbarui pertanyaan keamanan Anda secara teratur, Anda dapat menjaga langkah perlindungan ini tetap efektif.

Mencatat Sandi dengan Aman

Meskipun tampak kontra-intuitif, mencatat sandi Anda dengan aman dapat membantu Anda mengelola dan mengingat kata sandi yang kompleks. Namun, penting untuk tidak mencatatnya di tempat yang mudah diakses, seperti di dekat komputer atau dalam gawai yang dapat dicuri. Gunakan alat penyimpanan aman, seperti manajer kata sandi, yang dapat mengenkripsi sandi Anda dan hanya dapat diakses dengan kata sandi utama yang kuat.

Pastikan untuk menghindari menulis kata sandi di catatan fisik atau elektronik yang tidak aman, seperti sticky note atau dokumen yang tidak terenkripsi. Keamanan informasi pribadi Anda tergantung pada cara Anda menjaga akses terhadap sandi Anda.

Mengatur Notifikasi Keamanan

Notifikasi keamanan dapat memberi Anda informasi penting tentang aktivitas yang terjadi pada akun Anda. Pastikan Anda mengatur notifikasi untuk mendapatkan peringatan tentang login yang mencurigakan atau aktivitas lain yang tidak biasa. Dengan demikian, Anda dapat segera mengambil tindakan jika terjadi pelanggaran keamanan.

Pastikan Anda selalu memeriksa notifikasi dari layanan keamanan atau penyedia akun Anda. Informasi terbaru tentang perkembangan keamanan akan membantu Anda tetap waspada dan dapat mengambil langkah-langkah yang sesuai.

Dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan keamanan ini, Anda dapat meningkatkan perlindungan terhadap informasi pribadi dan digital Anda. Ingatlah bahwa upaya pencegahan keamanan ini adalah investasi penting untuk melindungi diri Anda dari ancaman cyber yang terus berkembang.

Melibatkan Layanan Dukungan

Dalam era digital ini, layanan dukungan pelanggan telah menjadi lebih mudah diakses dan responsif. Ketika Anda menghadapi masalah atau pertanyaan, ada beberapa cara untuk melibatkan layanan dukungan agar Anda dapat dengan cepat mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan.

Mengunjungi Situs Dukungan

Salah satu cara paling umum untuk mendapatkan dukungan adalah dengan mengunjungi situs dukungan resmi perusahaan. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai informasi penting, panduan penggunaan, dan solusi untuk masalah umum. Situs dukungan ini sering kali memiliki tautan atau fitur pencarian yang memudahkan Anda untuk menemukan jawaban atas pertanyaan Anda. Jika ingin mengatasi masalah secara mandiri, mengunjungi situs dukungan bisa menjadi langkah pertama yang bijaksana.

Menggunakan Chat Dukungan Online

Menggunakan chat dukungan online adalah cara lain yang efektif untuk berinteraksi dengan layanan dukungan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berbicara langsung dengan seorang agen dukungan dalam waktu nyata. Anda dapat menjelaskan masalah Anda secara rinci dan mendapatkan jawaban secara instan. Chat dukungan online sangat nyaman, terutama ketika Anda membutuhkan solusi cepat atau memiliki pertanyaan yang memerlukan klarifikasi lebih lanjut. Dalam beberapa kasus, fitur ini bahkan dapat memberikan bantuan melalui bot cerdas yang dapat merespons pertanyaan umum dengan cepat.

Menerapkan Solusi yang Diberikan

Setelah Anda mendapatkan solusi atau panduan dari layanan dukungan, langkah selanjutnya adalah menerapkannya. Penting untuk mengikuti langkah-langkah yang diberikan dengan seksama untuk memastikan masalah Anda teratasi dengan benar. Jika mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan tambahan saat menerapkan solusi, jangan ragu untuk kembali menghubungi layanan dukungan. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda dalam proses tersebut. Ingatlah bahwa penerapan solusi yang tepat dapat menghemat waktu dan frustrasi Anda, sehingga Anda dapat kembali menggunakan produk atau layanan dengan lancar.

Dalam menjalani pengalaman dengan layanan dukungan, penting untuk tetap terbuka terhadap bantuan yang disediakan dan berkomunikasi secara jelas mengenai masalah Anda. Dengan mengunjungi situs dukungan, menggunakan chat dukungan online, dan menerapkan solusi yang diberikan, Anda dapat mengatasi masalah dengan efisien dan mengoptimalkan penggunaan produk atau layanan yang Anda gunakan.

Kasus Ekstrem: Menghubungi Provider Layanan Email

Ketika menghadapi masalah serius dengan layanan email Anda, seperti akses yang terblokir atau data yang hilang, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi situasi tersebut.

Menemukan Kontak Layanan Pelanggan

Ketika Anda mengalami masalah yang memerlukan bantuan langsung dari penyedia layanan email, langkah pertama adalah menemukan informasi kontak layanan pelanggan mereka. Ini biasanya dapat ditemukan di situs web mereka atau dalam panduan pengguna. Cobalah untuk mencari alamat email, nomor telepon, atau opsi dukungan online. Jika tidak dapat menemukan informasi ini, Anda bisa mencari di mesin pencari dengan kata kunci "kontak layanan pelanggan ".

Jika ingin mendapatkan bantuan lebih cepat, coba pertimbangkan untuk menggunakan platform media sosial resmi mereka. Banyak perusahaan memiliki akun dukungan khusus di platform ini yang responsif terhadap pertanyaan dan masalah pengguna.

Memverifikasi Identitas Anda

Ketika berhubungan dengan penyedia layanan email, seringkali mereka akan meminta Anda untuk memverifikasi identitas Anda sebelum memberikan bantuan. Ini adalah langkah keamanan yang wajar untuk melindungi akun Anda dari akses yang tidak sah. Pastikan Anda siap dengan informasi yang diperlukan, seperti data pendaftaran, nomor akun, atau kode verifikasi. Jangan pernah memberikan informasi sensitif seperti kata sandi melalui email atau telepon.

Mengajukan Permohonan Pemulihan

Jika masalah Anda sangat serius dan memerlukan pemulihan akses atau data, Anda mungkin harus mengajukan permohonan pemulihan langsung kepada penyedia layanan email. Ini mungkin melibatkan proses seperti mengisi formulir pemulihan atau mengikuti petunjuk yang diberikan oleh tim dukungan. Pastikan Anda memberikan detail yang jelas dan akurat tentang masalah yang Anda hadapi dan ikuti petunjuk dengan cermat.

Ingatlah bahwa dalam beberapa kasus, pemulihan mungkin memakan waktu, terutama jika masalah melibatkan pemulihan data yang hilang. Tetaplah sabar dan terus berkomunikasi dengan tim dukungan hingga masalah selesai.

Ingatlah untuk tetap tenang dan berkomunikasi dengan jelas saat berinteraksi dengan tim dukungan pelanggan.

Mengungkap Rahasia Jaringan WiFi: Tips Mengejutkan Cara Mengetahui Password WiFi Dari Android

Prev Post

Namun, Anda tidak sendirian dalam perjalanan ini. Kebanyakan dari kita pernah mengalami kebingungan serupa. Mungkin Anda baru saja mengganti sandi email Anda dan tiba-tiba tidak dapat mengingatnya. Atau mungkin perangkat Android Anda secara otomatis menyimpan sandi untuk Anda sehingga Anda tidak pernah benar-benar harus mengingatnya, hingga suatu hari Anda harus login dari perangkat lain. Tidak […]

Mengungkap Lebih Lanjut: Cara Mengetahui SDK Android Yang Tepat Untuk Pengembangan Aplikasi Yang Sukses

Next Post

Namun, Anda tidak sendirian dalam perjalanan ini. Kebanyakan dari kita pernah mengalami kebingungan serupa. Mungkin Anda baru saja mengganti sandi email Anda dan tiba-tiba tidak dapat mengingatnya. Atau mungkin perangkat Android Anda secara otomatis menyimpan sandi untuk Anda sehingga Anda tidak pernah benar-benar harus mengingatnya, hingga suatu hari Anda harus login dari perangkat lain. Tidak […]

Related Post

Harga Advan Vandroid T1H Tablet Layar 7 Inci

Salah satu produsen dalam negeri yakni Advan nampaknya semakin gencar dalam mengeluarkan hasil rancangannya. Kali ini kita akan membahas tentang spesifikasi dan harga produk terbaru Advan yang diberi nama Advan Vandroid T1H yang merupakan perangkat berjenis tablet yang sangat bagus untuk digunakan dalam bermain game 3D dengan menawarkan harga yang cukup murah untuk perangkat yang […]

Cara Ubah Android Jadi Pc

Bayangkan saja, menggabungkan kemudahan penggunaan ponsel pintar dengan daya tahan dan fungsionalitas komputer. Meskipun tidak dapat membahas langkah-langkah teknis di sini, namun konsepnya menarik untuk dijelajahi. Apakah hal ini benar-benar memungkinkan? Bagaimana caranya? Mari kita buka pintu ke dunia teknologi yang selalu menghadirkan kejutan!. Transformasi Android Menjadi PC: Mengungkap Cara yang Menarik Dalam era digital […]

Strategi Dan Implikasi Membuat Script Phishing Di Android

Dalam era digital yang terus berkembang, ada begitu banyak aspek teknologi yang dapat kita eksplorasi, termasuk di dalamnya cara membuat script phising di Android. Meskipun topik ini mungkin menarik minat bagi beberapa individu, penting untuk diingat bahwa penggunaan teknologi harus selalu berpegang pada etika dan hukum yang berlaku. Pentingnya kesadaran tentang potensi risiko dan dampak […]

Acer Iconia 8 W, Tablet Windows 8.1 Harga Terjangkau

Tawaran Microsoft untuk memberikan lisensi gratis Windows 8.1 untuk tablet 9 inci ke bawah, disambut dengan cukup antusias oleh para vendor lain. Acer termasuk salah satu produsen teknologi dan informasi dari Taiwan yang mengambil kesempatan tersebut dengan¬†merilis Acer Iconia Tab 8 W, mengikuti jejak Toshiba dengan Encore Mini 7 yang telah lebih dahulu merilis produknya […]

Spesifikasi dan Harga Lenovo Vibe X2 Pro, Ponsel Gahar dengan Kamera Canggih

Dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2015 yang berlangsung di Las Vegas nampaknya banyak mendatangkan produsen yang membawa beberapa produk hasil desainnya yang masing-masing memiliki kelebihan. Salah satu produsen alat telekomunikasi yang berasal dari negeri China yakni Lenovo juga tidak ketinggalan dalam ajang tersebut. Lenovo membawa beberapa ponsel hasil rancangannya yang salah satunya akan kita […]