Cara Meningkatkan Umur Baterai Android: Tips Efektif Untuk Penggunaan Lebih Awet

Mengoptimalkan usia baterai Android adalah perhatian umum bagi banyak pengguna. Dengan perangkat yang semakin canggih, tantangan menjaga daya tahan baterai tetap optimal semakin penting. Ada beberapa pendekatan yang bisa Anda pertimbangkan untuk membantu memperpanjang masa pakai baterai Android Anda.

Memiliki baterai yang awet pada perangkat Android telah menjadi perhatian umum di era di mana perangkat ini menjadi pusat hidup kita. Pengguna sering mencari cara-cara untuk menjaga daya tahan baterai, memastikan perangkat mereka siap sedia saat mereka membutuhkannya. Dengan teknologi terbaru yang semakin kompleks, tantangan menjaga baterai tetap prima pun semakin beragam.

Bagaimana kita bisa menjaga baterai Android agar tetap awet dalam jangka panjang? Ada beberapa tip yang bisa Anda terapkan untuk membantu mempertahankan kinerja baterai Anda. Dari pengaturan kecerahan layar yang bijak hingga membatasi notifikasi yang tidak perlu, keputusan kecil seperti ini dapat memberikan dampak besar pada umur baterai perangkat Anda.

Mengingat betapa pentingnya perangkat Android dalam kehidupan kita sehari-hari, menjaga baterainya agar tetap awet adalah langkah bijak. Dengan pengaturan dan kebiasaan yang tepat, Anda dapat memaksimalkan masa pakai baterai dan mengurangi kekhawatiran terkait daya tahan perangkat Anda. Selanjutnya, mari kita jelajahi beberapa panduan praktis yang dapat membantu Anda mengoptimalkan usia baterai Android Anda.

Mengoptimalkan Pengaturan Layar dan Kecerahan

Menyesuaikan Kecerahan Secara Otomatis .

Ketika menggunakan perangkat elektronik, khususnya smartphone dan laptop, mengatur kecerahan layar dengan benar dapat memberikan pengalaman visual yang lebih nyaman dan mengurangi kelelahan mata. Sebagian besar perangkat modern telah dilengkapi dengan fitur kecerahan otomatis yang dapat disesuaikan secara dinamis berdasarkan lingkungan sekitar. Fitur ini membantu meminimalkan ketegangan mata saat Anda berpindah dari ruangan terang ke lingkungan yang lebih gelap.

Cara kerja fitur kecerahan otomatis ini adalah dengan menggunakan sensor cahaya yang terpasang di perangkat Anda. Sensor ini akan mendeteksi intensitas cahaya di sekitar perangkat dan menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis sesuai dengan kondisi pencahayaan. Misalnya, saat Anda berada di luar ruangan pada siang hari, layar akan lebih cerah untuk meningkatkan keterbacaan. Namun, saat Anda berpindah ke dalam ruangan yang lebih gelap, kecerahan layar akan berkurang agar tidak terlalu menyilaukan dan tidak menyebabkan ketegangan mata.

Menggunakan Mode Malam untuk Mengurangi Konsumsi Energi .

Salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan adalah menggunakan perangkat elektronik, terutama smartphone, bahkan pada malam hari sebelum tidur. Namun, penggunaan layar terang pada malam hari dapat mengganggu ritme alami tubuh dan mengganggu kualitas tidur Anda. Layar terang juga dapat berkontribusi pada konsumsi energi yang lebih tinggi, mengurangi masa pakai baterai perangkat Anda.

Untuk mengatasi masalah ini, banyak perangkat modern telah dilengkapi dengan mode malam atau mode gelap. Mode ini mengubah skema warna layar menjadi lebih hangat dengan mengurangi komponen cahaya biru yang dapat mengganggu tidur. Penggunaan mode malam ini tidak hanya membantu menjaga kualitas tidur Anda, tetapi juga dapat mengurangi konsumsi energi perangkat, sehingga baterai dapat lebih awet. Anda dapat mengatur mode malam ini agar otomatis aktif pada malam hari, atau mengaktifkannya secara manual ketika Anda membutuhkannya.

Dengan mengoptimalkan pengaturan layar dan kecerahan perangkat Anda, serta memanfaatkan fitur-fitur seperti kecerahan otomatis dan mode malam, Anda dapat merasakan pengalaman penggunaan yang lebih nyaman, mengurangi ketegangan mata, dan bahkan menghemat energi. Penggunaan yang bijak terhadap fitur-fitur ini juga dapat membantu menjaga masa pakai baterai perangkat Anda dalam jangka panjang.

Menerapkan Kebijakan Aplikasi Terbatas

Menerapkan Kebijakan Aplikasi Terbatas .

Menerapkan kebijakan aplikasi terbatas merupakan langkah penting dalam menjaga keamanan dan kinerja perangkat Anda. Dalam era digital saat ini, aplikasi memiliki peran yang sangat signifikan dalam kehidupan sehari-hari, namun terlalu banyak aplikasi yang diizinkan dapat mengakibatkan berbagai masalah, seperti konsumsi baterai yang berlebihan dan risiko keamanan data.

Mengelola Izin Aplikasi dengan Bijak .

Ketika mengunduh aplikasi baru, penting untuk memberikan izin dengan bijaksana. Izinkan hanya akses yang diperlukan untuk fungsi utama aplikasi. Hindari memberikan izin yang tidak relevan atau tidak diperlukan untuk penggunaan sehari-hari. Memantau dan mengelola izin aplikasi secara berkala juga penting untuk memastikan aplikasi hanya mengakses informasi yang diperlukan.

Beberapa langkah yang dapat diambil dalam mengelola izin aplikasi meliputi:.

  • Periksa Izin Aplikasi : Sebelum menginstal aplikasi, periksa izin yang diminta oleh aplikasi tersebut. Pastikan izin yang diminta sesuai dengan fungsinya.
  • Pengaturan Privasi : Gunakan pengaturan privasi pada perangkat Anda untuk mengontrol izin aplikasi. Anda dapat memilih untuk memberikan izin satu per satu sesuai kebutuhan.
  • Pembaruan Aplikasi : Selalu perbarui aplikasi ke versi terbaru, karena pembaruan seringkali memperbaiki keamanan dan izin yang tidak perlu.

Menonaktifkan Aplikasi yang Tidak Digunakan Secara Reguler .

Menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan secara reguler adalah cara efektif untuk mengoptimalkan kinerja perangkat Anda. Aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang dapat memengaruhi kinerja baterai dan kecepatan sistem. Periksa daftar aplikasi Anda secara berkala dan nonaktifkan aplikasi yang jarang digunakan.

Penting untuk mengikuti langkah-langkah berikut:.

  • Pemantauan Aplikasi : Gunakan fitur pemantauan baterai atau penggunaan data untuk mengidentifikasi aplikasi yang memakan banyak sumber daya.
  • Nonaktifkan atau Hapus : Jika Anda jarang atau tidak pernah menggunakan suatu aplikasi, pertimbangkan untuk menonaktifkannya atau menghapusnya secara permanen.
  • Periksa Pengaturan : Beberapa aplikasi memiliki opsi untuk mengurangi penggunaan baterai atau data dengan mengubah pengaturan tertentu.

Dengan menerapkan kebijakan aplikasi terbatas, mengelola izin aplikasi secara bijak, dan menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan secara reguler, Anda dapat meningkatkan kinerja perangkat Anda, menghemat baterai, dan menjaga keamanan data Anda. Ingatlah untuk selalu melakukan evaluasi berkala dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan Anda.

Menonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Mengapa Menonaktifkan Sinkronisasi Otomatis Penting Bagi Privasi Anda .

Sinkronisasi otomatis adalah fitur yang memungkinkan perangkat Anda secara terus-menerus mengambil dan memperbarui data dari akun email dan media sosial Anda. Namun, seiring dengan kenyamanannya, fitur ini juga membawa implikasi terhadap privasi Anda. Data pribadi yang sensitif dapat terekspos dan rentan terhadap risiko keamanan siber. Menonaktifkan sinkronisasi otomatis adalah langkah cerdas untuk memitigasi risiko ini dan menjaga data pribadi Anda tetap aman.

Mengurangi Risiko Keamanan dan Akses Tidak Sah .

Dengan menonaktifkan sinkronisasi otomatis, Anda dapat mencegah potensi akses tidak sah ke akun Anda. Jika perangkat Anda hilang atau dicuri, orang yang tidak berwenang tidak akan dapat dengan mudah mengakses email dan akun media sosial Anda, mengurangi risiko pencurian identitas dan penyalahgunaan data. Dengan mengurangi jumlah data yang tersimpan di perangkat, Anda juga mengurangi potensi eksploitasi oleh pihak jahat yang ingin mengakses informasi pribadi Anda.

Mengatur Sinkronisasi Email dan Akun Sosial Media

Pentingnya Mengatur Frekuensi Sinkronisasi .

Mengatur sinkronisasi email dan akun media sosial adalah cara efektif untuk tetap terhubung tanpa mengorbankan privasi dan kinerja perangkat Anda. Anda dapat mengatur frekuensi sinkronisasi agar data hanya diperbarui pada interval tertentu, seperti setiap 30 menit atau 1 jam. Ini akan membantu mengurangi beban baterai dan penggunaan data, sambil tetap memungkinkan Anda menerima pemberitahuan penting secara real-time.

Langkah-langkah untuk Mengatur Sinkronisasi .

  1. Buka Pengaturan Akun : Pada perangkat Anda, buka pengaturan akun untuk email dan media sosial. Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk mengatur sinkronisasi.
  2. Pilih Frekuensi : Pilih frekuensi sinkronisasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingatlah bahwa semakin sering sinkronisasi dilakukan, semakin cepat baterai perangkat Anda akan habis.
  3. Prioritaskan Akun : Anda juga dapat memilih akun yang ingin Anda sinkronisasikan dengan lebih sering daripada yang lain. Misalnya, Anda dapat mengatur email bisnis untuk sinkronisasi lebih sering daripada akun media sosial pribadi.

Sinkronisasi Kontak dan Kalender dengan Selektif

Manfaat Sinkronisasi Kontak dan Kalender yang Selektif .

Sinkronisasi kontak dan kalender dengan selektif memungkinkan Anda untuk menjaga privasi dan tetap teratur dalam mengelola jadwal Anda. Anda dapat memilih kontak dan kalender yang ingin Anda sinkronisasikan, sambil menyembunyikan informasi pribadi yang tidak perlu dibagikan dengan perangkat lain.

Langkah-langkah untuk Sinkronisasi Selektif .

  1. Pilih Kontak dan Kalender : Buka pengaturan sinkronisasi dan pilih opsi untuk mengatur kontak dan kalender secara selektif.
  2. Pilih Kelompok Kontak : Anda dapat membuat kelompok kontak berdasarkan kategori, seperti keluarga, teman, atau kerja. Kemudian, pilih kelompok mana yang ingin Anda sinkronisasikan.
  3. Filter Kalender : Gunakan fitur filter untuk menampilkan kalender berdasarkan kategori atau jenis acara. Ini memungkinkan Anda memilih kalender yang ingin Anda lihat dan sinkronisasikan.

Selalu ingat untuk memprioritaskan perlindungan data pribadi Anda dalam pengaturan sinkronisasi perangkat Anda.

Optimalisasi Penggunaan Baterai saat Bermain Game

Bermain game di perangkat seluler atau komputer seringkali membutuhkan konsumsi daya yang cukup tinggi, yang dapat menguras baterai dengan cepat. Namun, ada beberapa cara untuk mengoptimalkan penggunaan baterai agar Anda dapat menikmati permainan favorit Anda tanpa harus khawatir tentang baterai habis secara tiba-tiba.

Mengurangi Frame Rate dan Kualitas Grafis

Salah satu cara efektif untuk menghemat baterai saat bermain game adalah dengan mengurangi frame rate dan kualitas grafis. Dalam banyak permainan, Anda memiliki opsi untuk mengatur tingkat frame rate dan kualitas grafis sesuai preferensi Anda. Dengan menurunkan frame rate dan mengurangi kualitas grafis, perangkat akan membutuhkan lebih sedikit daya untuk menjalankan permainan. Meskipun ini mungkin mengurangi detail visual, namun pengurangan ini dapat secara signifikan meningkatkan masa pakai baterai. Pengaturan ini juga dapat meningkatkan kinerja permainan pada perangkat yang lebih tua atau memiliki spesifikasi yang lebih rendah.

Selain mengurangi frame rate dan kualitas grafis, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan mode hemat baterai jika perangkat Anda mendukungnya. Mode ini biasanya mengoptimalkan kinerja perangkat untuk mengurangi konsumsi daya, termasuk saat bermain game. Dengan demikian, Anda tetap dapat menikmati pengalaman bermain tanpa khawatir baterai cepat habis.

Menonaktifkan Fitur Tambahan yang Meningkatkan Konsumsi Daya

Permainan seringkali dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan seperti efek suara yang canggih, notifikasi in-game, atau fitur sosial. Meskipun fitur-fitur ini dapat meningkatkan pengalaman bermain, mereka juga dapat mempercepat konsumsi daya baterai. Untuk menghemat baterai, pertimbangkan untuk menonaktifkan atau membatasi fitur-fitur tersebut selama sesi bermain.

Fitur-fitur seperti mode getar atau efek visual yang rumit juga dapat berkontribusi pada konsumsi daya yang tinggi. Jika ingin mengoptimalkan penggunaan baterai, pertimbangkan untuk menonaktifkan atau mengurangi intensitas fitur-fitur ini selama bermain game. Dengan menghilangkan atau meminimalkan fitur yang tidak begitu penting, Anda dapat memperpanjang masa pakai baterai Anda dan menikmati permainan lebih lama.

Dalam rangka mengoptimalkan penggunaan baterai saat bermain game, mengurangi frame rate dan kualitas grafis serta menonaktifkan fitur tambahan yang meningkatkan konsumsi daya adalah langkah-langkah yang efektif. Dengan melakukan ini, Anda dapat mengalami pengalaman bermain yang lancar tanpa harus terganggu oleh baterai yang cepat habis. Ingatlah bahwa setiap perangkat dan permainan mungkin memiliki opsi yang berbeda untuk mengatur pengaturan baterai, jadi luangkan waktu untuk menjelajahi pengaturan dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan Anda.

Mengelola Koneksi Jaringan dengan Efisien

Matikan Fitur Wi-Fi dan Bluetooth saat Tidak Digunakan .

Fitur Wi-Fi dan Bluetooth pada perangkat elektronik memungkinkan kita terhubung dengan dunia digital secara nirkabel. Namun, jika tidak digunakan, kedua fitur ini dapat tetap aktif dan mengonsumsi daya baterai serta berpotensi meningkatkan risiko keamanan. Untuk mengelola koneksi jaringan dengan efisien, penting untuk mematikan fitur Wi-Fi dan Bluetooth saat tidak diperlukan.

Ketika Anda tidak sedang menggunakan koneksi Wi-Fi atau Bluetooth, matikan kedua fitur tersebut melalui pengaturan perangkat Anda. Ini tidak hanya membantu menghemat daya baterai, tetapi juga dapat melindungi perangkat Anda dari potensi serangan jaringan atau peretasan melalui koneksi nirkabel. Jika berada dalam lingkungan di mana tidak ada jaringan Wi-Fi yang tersedia atau Anda tidak membutuhkan koneksi Bluetooth, mematikan fitur-fitur ini dapat membantu mengurangi konsumsi daya dan meningkatkan masa pakai baterai perangkat Anda.

Menggunakan Mode Pesawat dalam Kondisi Tertentu .

Salah satu cara efektif untuk mengelola koneksi jaringan dengan efisien adalah dengan menggunakan mode pesawat pada perangkat Anda dalam kondisi tertentu. Mode pesawat mematikan semua fitur nirkabel, termasuk Wi-Fi, Bluetooth, dan sinyal seluler. Ini bermanfaat ketika Anda berada dalam situasi di mana Anda perlu mematikan semua koneksi jaringan, seperti ketika naik pesawat, berada dalam pertemuan penting, atau ingin fokus tanpa gangguan dari pemberitahuan dan panggilan.

Aktifkan mode pesawat melalui pengaturan perangkat atau dengan menggunakan tombol pintas yang disediakan. Mode ini membantu menjaga daya baterai, mengurangi radiasi elektromagnetik saat perangkat berada dekat dengan tubuh, dan mencegah gangguan yang tidak diinginkan dalam situasi-situasi tertentu. Mode pesawat juga dapat menjadi cara efektif untuk merilekskan diri dan menghindari ketergantungan pada teknologi dalam beberapa saat, sehingga Anda dapat fokus pada kegiatan lain yang lebih penting.

Dengan mematikan fitur Wi-Fi dan Bluetooth saat tidak digunakan serta menggunakan mode pesawat dalam kondisi tertentu, Anda dapat mengelola koneksi jaringan dengan efisien, menghemat daya baterai, dan menjaga keamanan perangkat Anda. Ini adalah langkah-langkah sederhana namun efektif dalam merawat perangkat elektronik Anda dan tetap terhubung dengan dunia digital dengan bijak.

Meminimalkan Penggunaan Aplikasi Berat

Aplikasi berat dapat merusak pengalaman pengguna dan menguras daya baterai perangkat Anda. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meminimalkan penggunaan aplikasi berat.

Mengoptimalkan Penggunaan Aplikasi Streaming

Ketika menggunakan aplikasi streaming, seperti layanan musik atau video, Anda dapat mengambil langkah-langkah sederhana untuk mengoptimalkan penggunaan data dan meningkatkan kualitas streaming.

  1. Pilih Kualitas Streaming yang Sesuai : Banyak aplikasi streaming memungkinkan Anda untuk memilih kualitas streaming. Jika ingin menghemat data, pilihlah kualitas yang lebih rendah, tetapi jika memiliki koneksi internet yang cepat, Anda dapat menikmati kualitas yang lebih tinggi tanpa khawatir.

  2. Unduh Konten untuk Streaming Offline : Banyak layanan streaming memungkinkan Anda mengunduh konten untuk ditonton atau didengarkan secara offline. Ini adalah pilihan yang bagus jika berencana untuk menggunakan aplikasi streaming saat Anda tidak memiliki akses internet yang stabil.

Alternatif Aplikasi Ringan untuk Kebutuhan Harian

Selain aplikasi berat, ada juga alternatif aplikasi ringan yang dapat memenuhi kebutuhan harian Anda tanpa membebani perangkat Anda.

  1. Penjelajah Web Ringan : Daripada menggunakan penjelajah web yang memakan banyak sumber daya, pertimbangkan untuk menggunakan penjelajah web ringan seperti Firefox Focus atau Brave. Mereka dirancang untuk kecepatan dan privasi, sehingga Anda dapat menjelajah web dengan lancar tanpa memperlambat perangkat Anda.

  2. Aplikasi Pesan Ringan : Aplikasi pesan seperti WhatsApp atau Telegram bisa menjadi berat jika digunakan dalam waktu yang lama. Cobalah aplikasi pesan yang lebih ringan seperti Signal. Selain ringan, Signal juga dikenal karena keamanan dan privasinya yang tinggi.

Ini akan membantu menjaga performa perangkat Anda dan menghemat penggunaan daya baterai.

Tips untuk Memperpanjang Umur Baterai Secara Keseluruhan

Baterai yang awet adalah hal penting bagi pengalaman menggunakan ponsel yang lancar. Mengikuti beberapa tips sederhana dapat membantu Anda memperpanjang umur baterai secara keseluruhan dan menjaga kinerjanya dalam jangka panjang.

Menjaga Suhu Ponsel dalam Rentang Normal

Suhu ekstrem dapat merusak baterai ponsel dan mengurangi umurnya. Pastikan untuk menjaga suhu ponsel Anda dalam rentang normal, terutama saat penggunaan intensif atau saat di bawah sinar matahari langsung. Hindari meninggalkan ponsel dalam kondisi panas yang berlebihan, seperti di dalam mobil yang terparkir di bawah terik matahari. Sebaliknya, hindari juga suhu yang sangat rendah, seperti meninggalkannya di tempat yang sangat dingin atau dekat AC yang sangat kuat.

Penting untuk memeriksa suhu saat pengisian baterai. Jika ponsel Anda terasa panas saat diisi daya, cabut charger untuk sementara. Ponsel yang terlalu panas saat diisi daya bisa merusak baterai dalam jangka panjang. Pastikan juga Anda menggunakan charger resmi atau berkualitas untuk menghindari risiko pengisian yang tidak stabil atau berlebihan.

Melakukan Pemutaran Ulang Baterai Secara Berkala

Melakukan pemutaran ulang baterai, atau disebut juga kalibrasi baterai, secara berkala dapat membantu menjaga akurasi tingkat daya yang ditampilkan dan memaksimalkan kinerja baterai. Caranya sederhana: biarkan baterai ponsel Anda habis hingga mati, kemudian isi daya hingga 100% tanpa gangguan.

Pemutaran ulang baterai ini membantu mengatasi masalah "memory effect," yang bisa membuat baterai terasa cepat habis meskipun sebenarnya masih ada daya tersisa. Meskipun teknologi baterai modern telah mengurangi dampak dari masalah ini, tetap berguna untuk melakukan pemutaran ulang secara berkala agar baterai bekerja secara optimal.

Dengan menjaga suhu ponsel dalam rentang normal dan melakukan pemutaran ulang baterai secara berkala, Anda dapat memaksimalkan umur baterai ponsel Anda dan menghindari masalah yang dapat merusak kinerjanya. Ingatlah bahwa perawatan yang baik terhadap baterai juga akan berdampak positif pada kinerja keseluruhan perangkat Anda.

Membuat Baju Menakjubkan Di Roblox Android
Prev Post

Mengoptimalkan usia baterai Android adalah perhatian umum bagi banyak pengguna. Dengan perangkat yang semakin canggih, tantangan menjaga daya tahan baterai tetap optimal semakin penting. Ada beberapa pendekatan yang bisa Anda pertimbangkan untuk membantu memperpanjang masa pakai baterai Android Anda. Memiliki baterai yang awet pada perangkat Android telah menjadi perhatian umum di era di mana perangkat […]

Tips Praktis Untuk Membuat Baterai Android Tahan Lama
Next Post

Mengoptimalkan usia baterai Android adalah perhatian umum bagi banyak pengguna. Dengan perangkat yang semakin canggih, tantangan menjaga daya tahan baterai tetap optimal semakin penting. Ada beberapa pendekatan yang bisa Anda pertimbangkan untuk membantu memperpanjang masa pakai baterai Android Anda. Memiliki baterai yang awet pada perangkat Android telah menjadi perhatian umum di era di mana perangkat […]

Related Post

Mengamankan Perangkat Android Anda Dari Ancaman Aplikasi Berbahaya

Dalam dunia digital yang semakin canggih, kita perlu waspada terhadap potensi ancaman yang mungkin mengintai dalam bentuk aplikasi yang tampaknya tidak mencurigakan. Mari kita eksplorasi lebih lanjut tentang fenomena ini. Mengungkap Bahaya Tersembunyi Aplikasi di Android Aplikasi di perangkat Android telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Mereka memudahkan kita dalam berbagai hal, […]

Harga Huawei Ascend P7 mini Hp Tipis layar 4.5 inci

Huawei yang beberapa waktu lalu memperkenalkan Ascend P7 kini kembali dengan versi mininya yakni Huawei Ascend P7 mini yang telah dikabarkan akan lebih dulu dipasarkan dari versi regulernya. Ini sangat berbeda dari vendor vendor smartphone lainnya seperti samsung Galaxy S4 Mini dan Oppo N1 Mini strategi marketing yang dimiliki huawei memang agak sedikit berbeda. Huawei Ascend P7 mini yang mempunyai […]

Maksimalkan Pembelajaran Dengan Aplikasi Media Pembelajaran Android

Media pembelajaran berbasis Android telah mengalami perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Aplikasi-aplikasi ini telah mengubah cara kita belajar dan mengajar, membuka pintu untuk pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan mudah diakses. Dengan beragam fitur dan alat yang tersedia, aplikasi-aplikasi ini menjadikan pembelajaran lebih menarik dan efektif bagi penggunanya. Bagi banyak orang, aplikasi-aplikasi ini […]

Harga Samsung Galaxy Grand Max, Android KitKat Kamera 13 MP

Samsung yang merupakan salah satu perusahaan alat telekomunikasi yang berasal dari negara Korea Selatan nampaknya tidak pernah diam dan terus merancang sebuah alat telekomunikasi yang akan dipersiapkan untuk mewarnai pasar dunia gadget. Produsen yang sangat produktif ini memang terkenal dengan berbagai perangkatnya yang sangat berkualitas. Jika sebelumnya kita telah membahas tentang salah satu ponsel terbaru […]

Harga dan Spesifikasi Toyota Venza 2015, Multifungsi Penuh Bergaya

Produsen mobil Toyota asal Jepang telah merilis mobil baru untuk dipasarkan tahun depan. Toyota Venza 2015 menjadi mobil yang cukup sulit untuk dikelompokkan ke type mobil yang ada dipasaran sekarang ini. Toyota Venza 2015 telah dilengkapi dengan sistem all-whell-drive atau AWD tapi mobil ini bukanlah jenis SUV, dari bentuknya mobil inipun tidak dapat dikategorikan station wagon apalagi type […]