Strategi Efektif Dan Mengoptimalkan Penggunaan RAM Android

Dalam dunia teknologi yang semakin berkembang, memahami kapasitas RAM pada ponsel pintar Anda bisa menjadi kunci untuk memaksimalkan kinerja perangkat Anda. Dari sini, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang seberapa banyak aplikasi yang dapat Anda jalankan secara bersamaan tanpa mengalami kinerja yang melambat.

Pentingnya RAM dalam ekosistem Android tidak dapat diabaikan. RAM, yang merupakan singkatan dari Random Access Memory, adalah salah satu komponen inti dari perangkat Anda yang memainkan peran penting dalam menjaga performa yang lancar. Dalam hal sederhana, RAM adalah memori tempat perangkat Anda menyimpan data dari aplikasi yang sedang berjalan. Semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin banyak aplikasi dan tugas yang dapat diakomodasi perangkat Anda tanpa mengalami penurunan kinerja yang signifikan.

Namun, bagaimana sebenarnya Anda bisa melihat berapa kapasitas RAM yang dimiliki oleh perangkat Android Anda? Ini adalah pertanyaan yang cukup wajar mengingat banyaknya variasi dalam model dan merek perangkat Android yang ada di pasaran. Menemukan jawabannya dapat membantu Anda dalam mengelola penggunaan RAM dan mengoptimalkan pengalaman penggunaan Anda secara keseluruhan.

Memahami RAM pada Perangkat Android

RAM adalah salah satu komponen kunci dalam perangkat Android yang memiliki peran penting dalam menentukan kinerja dan pengalaman pengguna. RAM pada perangkat Android berfungsi sebagai ruang penyimpanan sementara untuk data dan aplikasi yang sedang berjalan. Memahami bagaimana RAM beroperasi dan bagaimana hal itu memengaruhi kinerja perangkat Anda dapat membantu Anda mengoptimalkan penggunaan Anda dan memaksimalkan efisiensi perangkat.

Pentingnya Memahami RAM dalam Penggunaan Android

Pemahaman tentang RAM menjadi kunci dalam penggunaan sehari-hari perangkat Android. Semakin besar kapasitas RAM, semakin banyak aplikasi dan tugas yang dapat dijalankan secara bersamaan tanpa mengalami keterbatasan kinerja. Namun, memiliki RAM yang besar bukan satu-satunya faktor penting. Pengelolaan RAM yang baik juga diperlukan untuk menghindari kelebihan beban yang dapat mengakibatkan penurunan performa.

Dalam situasi di mana RAM hampir penuh, perangkat Android mungkin akan melambat dan bahkan mengalami kegagalan dalam menjalankan aplikasi. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana aplikasi yang tidak digunakan dapat memengaruhi penggunaan RAM dan memutuskan kapan sebaiknya menutup aplikasi yang tidak diperlukan.

Bagaimana RAM Memengaruhi Kinerja Perangkat Android

Kapasitas RAM berpengaruh langsung terhadap kinerja perangkat Android. Semakin banyak aplikasi yang berjalan dalam RAM, semakin besar kemungkinan perangkat akan mengalami kelebihan beban, yang berpotensi mengakibatkan kinerja yang melambat. Ketika RAM hampir penuh, perangkat harus melakukan pembersihan dan penghapusan data sementara untuk memberi ruang bagi aplikasi baru. Proses ini dapat menyebabkan lag atau jeda dalam penggunaan perangkat.

RAM juga memainkan peran penting dalam multitasking. Semakin besar RAM, semakin banyak tugas yang dapat dijalankan secara bersamaan tanpa mengalami penurunan kualitas atau kecepatan. Misalnya, saat Anda membuka beberapa aplikasi sekaligus, RAM memungkinkan perangkat untuk menyimpan data sementara dari aplikasi tersebut sehingga Anda dapat beralih di antara aplikasi dengan mulus.

Dalam penggunaan sehari-hari, memantau penggunaan RAM dan memahami cara mengelolanya dapat membantu Anda menjaga kinerja perangkat Android Anda tetap optimal. Dengan menutup aplikasi yang tidak aktif dan menghindari penggunaan aplikasi yang memakan banyak RAM secara bersamaan, Anda dapat memastikan pengalaman pengguna yang lebih lancar dan responsif.

Mengapa Melihat Kapasitas RAM di Perangkat Android?

Dalam dunia perangkat Android yang semakin berkembang, kapasitas RAM menjadi salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan. RAM adalah komponen vital dalam perangkat Android yang berperan dalam menyimpan data sementara yang diperlukan oleh aplikasi yang sedang berjalan. Dengan kapasitas RAM yang memadai, pengguna dapat mengalami kinerja yang lancar dan responsif pada perangkat mereka. Namun, mengapa penting untuk memerhatikan kapasitas RAM ini?.

Dampak Kapasitas RAM Terhadap Performa Android

Kapasitas RAM memiliki dampak langsung terhadap performa keseluruhan perangkat Android. Ketika RAM perangkat mencapai batasnya, sistem akan mulai memanfaatkan memori penyimpanan internal sebagai pengganti RAM, yang dikenal sebagai "paging" atau "swapping." Hal ini dapat mengakibatkan kinerja yang melambat dan aplikasi yang lambat merespons. Dengan kapasitas RAM yang lebih besar, perangkat dapat menangani multitasking dengan lebih baik dan menjalankan aplikasi dengan lancar, menghindari penurunan kinerja yang mengganggu pengalaman pengguna.

Kapasitas RAM yang cukup juga berperan dalam menjaga stabilitas sistem. Ketika terdapat lebih banyak ruang untuk menyimpan data sementara, perangkat akan lebih jarang mengalami crash atau kegagalan sistem. Ini membantu mencegah aplikasi tiba-tiba tertutup atau perangkat menjadi tidak responsif, yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari pengguna.

Mengoptimalkan Penggunaan RAM untuk Pengalaman Terbaik

Untuk memastikan pengalaman terbaik dengan perangkat Android, penting untuk mengoptimalkan penggunaan kapasitas RAM. Beberapa langkah sederhana dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat:.

  • Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan: Pastikan untuk menutup aplikasi yang tidak sedang digunakan. Aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang dapat menghabiskan kapasitas RAM yang berharga.
  • Gunakan Manajer Tugas: Manajer tugas dapat membantu mengidentifikasi aplikasi yang menggunakan terlalu banyak RAM. Anda dapat menghentikan aplikasi yang menguras sumber daya lebih dari yang seharusnya.
  • Hindari Multitasking Berlebihan: Meskipun Android dirancang untuk multitasking, terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan dapat membebani kapasitas RAM. Fokus pada beberapa aplikasi penting untuk menghindari penggunaan berlebihan.
  • Perbarui Sistem dan Aplikasi: Perbarui perangkat lunak sistem dan aplikasi secara berkala. Pembaruan seringkali menyertakan perbaikan kinerja yang dapat membantu penggunaan RAM lebih efisien.

Penting untuk menjaga keseimbangan antara aplikasi yang dijalankan dan kapasitas RAM yang tersedia.

Langkah-langkah untuk Melihat RAM pada Perangkat Android

Penting untuk memahami kapasitas RAM pada perangkat Android Anda agar dapat memantau dan mengoptimalkan kinerja perangkat. Ada beberapa cara untuk melihat kapasitas RAM, baik melalui pengaturan sistem bawaan maupun menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Mengecek Kapasitas RAM Melalui Pengaturan Sistem

Anda dapat dengan mudah melihat kapasitas RAM perangkat Android Anda melalui pengaturan sistem yang telah disediakan oleh pabrikan. Langkah-langkahnya cukup sederhana:.

  1. Buka Pengaturan: Buka aplikasi "Pengaturan" di perangkat Android Anda. Biasanya, ikon pengaturan memiliki gambar gigi atau simbol lain yang mengindikasikan pengaturan.

  2. Pilih Opsi "Tentang Telepon": Gulir ke bawah di menu Pengaturan hingga Anda menemukan opsi "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat." Pilih opsi ini untuk melanjutkan.

  3. Cari Informasi RAM: Di dalam menu "Tentang Telepon," Anda akan menemukan informasi terkait perangkat Anda, termasuk kapasitas RAM. Biasanya, kapasitas RAM ditampilkan dalam bentuk angka di bawah bagian "Spesifikasi" atau "Informasi Perangkat.".

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Memantau RAM

Selain cara bawaan di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memantau kinerja perangkat Android, termasuk kapasitas RAM. Berikut langkah-langkahnya:.

  1. Unduh Aplikasi Pemantau Sistem: Kunjungi Google Play Store dan cari aplikasi pemantau sistem seperti "CPU-Z," "GSam Battery Monitor," atau "AIDA64." Unduh dan pasang aplikasi yang Anda pilih.

  2. Buka Aplikasi: Setelah diinstal, buka aplikasi pemantau sistem yang Anda pilih. Aplikasi ini akan memberikan informasi rinci tentang kinerja perangkat Anda, termasuk kapasitas RAM.

  3. Temukan Informasi RAM: Di dalam aplikasi pemantau sistem, cari bagian yang berkaitan dengan RAM atau memori. Informasi tentang kapasitas RAM dan penggunaan saat ini akan ditampilkan di sana.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda bisa mendapatkan lebih banyak informasi tentang penggunaan RAM perangkat Anda dan memantau perubahan performanya seiring waktu.

Dengan demikian, melihat kapasitas RAM pada perangkat Android Anda merupakan langkah penting untuk mengoptimalkan kinerja perangkat dan memastikan bahwa Anda dapat menjalankan aplikasi dan tugas sehari-hari dengan lancar. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi Anda, baik melalui pengaturan sistem atau menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memantau RAM.

Interprestasi Data RAM pada Perangkat Android .

Android telah menjadi sistem operasi dominan dalam dunia perangkat seluler, menawarkan berbagai fitur yang luas dan beragam bagi penggunanya. Salah satu aspek yang penting dalam kinerja perangkat Android adalah pengelolaan memori, terutama RAM . RAM adalah komponen penting dalam perangkat yang memungkinkan aplikasi berjalan dengan lancar dan efisien. Memahami bagaimana data penggunaan RAM dapat memberikan wawasan tentang kinerja perangkat Android Anda.

Memahami Data Penggunaan RAM: Aktif, Tersedia, dan Digunakan .

Pada perangkat Android, data penggunaan RAM dapat dipecah menjadi tiga bagian utama: RAM Aktif, Tersedia, dan Digunakan. RAM Aktif adalah bagian dari RAM yang sedang digunakan oleh aplikasi dan proses yang saat ini berjalan. Ini mencakup data yang diperlukan oleh aplikasi yang Anda gunakan saat ini, sehingga aplikasi tersebut dapat merespons dengan cepat ketika Anda berinteraksi dengan mereka. RAM Tersedia adalah bagian dari RAM yang tidak sedang digunakan oleh aplikasi atau proses apa pun pada saat ini. Ini adalah sisa kapasitas yang masih dapat digunakan oleh aplikasi baru jika diperlukan.

Identifikasi Aplikasi yang Menggunakan RAM secara Intensif .

Terkadang, Anda mungkin merasa bahwa perangkat Android Anda menjadi lambat atau tidak responsif. Salah satu alasan utama untuk ini adalah aplikasi yang menggunakan RAM secara intensif. Beberapa aplikasi cenderung memakan lebih banyak RAM daripada yang lain, dan ini dapat mengakibatkan kinerja perangkat menjadi buruk. Untuk mengidentifikasi aplikasi yang menggunakan RAM secara intensif, Anda dapat menggunakan utilitas bawaan pada perangkat Android atau aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store.

Menganalisis penggunaan RAM pada perangkat Android adalah langkah penting untuk memastikan kinerja yang optimal. Ini termasuk menutup aplikasi yang tidak perlu, menghapus cache, atau bahkan mempertimbangkan peningkatan perangkat keras jika diperlukan. Dengan demikian, Anda dapat menjaga perangkat Android Anda tetap berjalan dengan lancar dan efisien sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips Mengoptimalkan Penggunaan RAM Android .

Menutup Aplikasi yang Tidak Digunakan untuk Mengosongkan RAM .

Ketika menggunakan perangkat Android, terkadang kita cenderung meninggalkan berbagai aplikasi terbuka meskipun sudah tidak lagi digunakan. Hal ini dapat membebani penggunaan RAM dan mengurangi kinerja perangkat. Oleh karena itu, satu langkah sederhana untuk mengoptimalkan penggunaan RAM adalah dengan secara teratur menutup aplikasi yang tidak sedang digunakan.

Menutup aplikasi secara aktif dapat dilakukan dengan menggeser aplikasi keluar dari daftar aplikasi terbuka atau dengan menekan tombol "Recent Apps" dan menutup aplikasi dengan menggesernya ke samping atau ke atas, tergantung pada tampilan perangkat Anda. Dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan, Anda memberi perangkat lebih banyak ruang untuk mengelola tugas-tugas yang lebih penting, sehingga meningkatkan responsifitas dan performanya.

Mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang juga dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai perangkat Anda. Jadi, dengan rutin menutup aplikasi yang tidak digunakan, Anda tidak hanya mengosongkan RAM, tetapi juga meningkatkan efisiensi penggunaan baterai perangkat Android Anda.

Menghapus Aplikasi dan Berkas Tidak Penting untuk Meningkatkan RAM .

Selain menutup aplikasi yang tidak digunakan, langkah lain untuk mengoptimalkan penggunaan RAM di perangkat Android adalah dengan menghapus aplikasi dan berkas yang tidak penting. Aplikasi yang tidak sering digunakan atau berkas yang sudah tidak diperlukan dapat memenuhi ruang penyimpanan perangkat Anda dan membebani kinerja RAM.

Pertama, pergilah ke pengaturan perangkat Anda dan buka bagian "Aplikasi" atau "Aplikasi & Pemberitahuan." Di sini, Anda dapat melihat daftar semua aplikasi yang terinstal pada perangkat Anda. Tinjau aplikasi-aplikasi tersebut dan pertimbangkan untuk menghapus yang tidak pernah digunakan atau yang memiliki alternatif yang lebih baik.

Selanjutnya, ceklah penyimpanan internal perangkat Anda. Apakah ada berkas-berkas yang sudah tidak diperlukan lagi? Foto-foto atau video yang sudah di-backup di tempat lain dapat dihapus dari perangkat untuk memberi ruang lebih pada RAM.

Dengan menghapus aplikasi dan berkas yang tidak diperlukan, Anda tidak hanya membantu mengoptimalkan penggunaan RAM, tetapi juga membebaskan ruang penyimpanan, sehingga perangkat Anda akan berjalan lebih lancar dan responsif.

Dengan menjalankan langkah-langkah ini secara teratur, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan RAM pada perangkat Android Anda. Dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan dan menghapus aplikasi serta berkas yang tidak penting, Anda akan merasakan peningkatan performa dan responsifitas yang signifikan pada perangkat Anda.

Mengatasi Masalah RAM pada Perangkat Android

RAM Penuh: Penyebab dan Solusinya

RAM penuh pada perangkat Android seringkali menjadi sumber frustrasi bagi para pengguna. Penyebab utama dari masalah ini adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang dan menumpuk seiring waktu. Ketika aplikasi-aplikasi ini terus berjalan tanpa pengelolaan yang tepat, mereka menghabiskan sumber daya RAM yang berharga, menyebabkan kinerja perangkat melambat dan bahkan mungkin menyebabkan crash atau hang. Ketidakcocokan antara aplikasi yang berjalan bersamaan juga dapat menyebabkan konflik yang membebani RAM.

Untuk mengatasi masalah RAM penuh, pertama-tama, lakukanlah pembersihan secara berkala. Matikan aplikasi yang tidak digunakan dan bersihkan cache secara teratur. Gunakan fitur bawaan sistem operasi atau aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu mengidentifikasi dan menghentikan aplikasi yang boros RAM. Pastikan untuk memperbarui aplikasi ke versi terbaru, karena pembaruan sering kali mencakup perbaikan performa yang dapat membantu mengurangi penggunaan RAM. Jika masalah tetap berlanjut, pertimbangkan untuk mereset perangkat ke pengaturan pabrik sebagai langkah terakhir.

Upgrade RAM vs. Optimasi Perangkat: Pilihan yang Tepat

Ketika dihadapkan dengan masalah RAM penuh, pertanyaan yang sering muncul adalah apakah lebih baik untuk mengupgrade RAM perangkat atau hanya melakukan optimasi. Keputusan ini sebaiknya didasarkan pada beberapa pertimbangan. Upgrade RAM dapat meningkatkan kemampuan perangkat Anda untuk menjalankan aplikasi dan tugas yang lebih berat. Namun, hal ini sering kali terbatas oleh desain perangkat dan mungkin tidak selalu menjadi pilihan yang praktis atau ekonomis.

Di sisi lain, optimasi perangkat melalui pembersihan berkala dan pengelolaan aplikasi dapat membantu mengatasi masalah RAM penuh tanpa biaya tambahan. Ini adalah langkah yang dapat memberikan perbaikan yang signifikan terhadap kinerja perangkat Anda, terutama jika penggunaan RAM yang berlebihan disebabkan oleh aplikasi yang kurang dioptimalkan. Dengan menjaga perangkat Anda tetap bersih dan berjalan lancar, Anda dapat menghindari beberapa masalah yang mungkin timbul akibat RAM yang penuh.

Dalam kebanyakan kasus, optimasi perangkat adalah pilihan yang lebih bijak sebelum Anda memutuskan untuk mengambil langkah ekstrem seperti mengganti perangkat atau meng-upgrade RAM. Namun, setiap situasi dapat berbeda, jadi penting untuk mempertimbangkan baik faktor finansial maupun kebutuhan nyata Anda sebelum membuat keputusan akhir.

Memaksimalkan Kinerja Android dengan Pengelolaan RAM yang Baik

Pada zaman di mana ponsel pintar menjadi mitra sehari-hari, menjaga performa Android yang optimal menjadi prioritas. Salah satu kunci untuk mencapai hal ini adalah dengan efektif mengelola RAM . RAM berperan penting dalam menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang berjalan, sehingga pengelolaannya dapat berdampak besar pada kecepatan dan kinerja perangkat.

Praktik Terbaik Mengelola Aplikasi untuk Mencegah Konsumsi Berlebihan

  1. Pilih Aplikasi yang Diperlukan : Instalasi aplikasi berlebihan dapat menyebabkan konsumsi RAM yang tidak perlu. Pilih aplikasi yang memang diperlukan dan sering digunakan untuk meminimalisir penggunaan RAM yang tidak efisien.

  2. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan : Setelah selesai menggunakan aplikasi, pastikan untuk menutupnya sepenuhnya daripada hanya menggesernya ke latar belakang. Ini akan membantu membebaskan ruang RAM yang bisa digunakan oleh aplikasi lain.

Mengoptimalkan RAM untuk Berbagai Kegiatan: Bermain Game hingga Produktivitas

  1. Mode Performa : Banyak perangkat Android memiliki mode performa yang dapat diatur sesuai dengan jenis aktivitas yang sedang dilakukan. Mode performa ini bisa meningkatkan performa perangkat dengan mengalokasikan lebih banyak sumber daya, termasuk RAM, untuk aktivitas yang sedang berlangsung.

  2. Pengelolaan Multitasking : Android memiliki fungsi multitasking yang hebat, tetapi berjalan banyak aplikasi dalam latar belakang dapat mengkonsumsi RAM. Gunakan fitur seperti split-screen dengan bijak dan pastikan aplikasi lain yang tidak diperlukan ditutup sepenuhnya.

  3. Pembaruan dan Pengoptimalan : Pastikan sistem operasi Android dan aplikasi Anda selalu diperbarui ke versi terbaru. Pembaruan sering kali mencakup perbaikan bug dan peningkatan performa yang dapat membantu mengoptimalkan penggunaan RAM.

Dengan mengadopsi praktik terbaik ini, Anda dapat memaksimalkan kinerja perangkat Android Anda dengan pengelolaan RAM yang baik. Dengan menjaga konsumsi RAM yang efisien dan mengoptimalkan penggunaannya untuk berbagai aktivitas, Anda dapat menikmati pengalaman yang mulus dan responsif dalam menjalankan aplikasi-aplikasi favorit Anda. Ingatlah bahwa pengelolaan RAM yang baik adalah kunci untuk menjaga perangkat Android Anda tetap berjalan dengan baik, baik itu saat bermain game seru atau bekerja dengan produktivitas tinggi.

Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding Gratis
Prev Post

Dalam dunia teknologi yang semakin berkembang, memahami kapasitas RAM pada ponsel pintar Anda bisa menjadi kunci untuk memaksimalkan kinerja perangkat Anda. Dari sini, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang seberapa banyak aplikasi yang dapat Anda jalankan secara bersamaan tanpa mengalami kinerja yang melambat. Pentingnya RAM dalam ekosistem Android tidak dapat diabaikan. RAM, yang […]

Mengoptimalkan Perangkat Android Anda Dengan Bootable Windows
Next Post

Dalam dunia teknologi yang semakin berkembang, memahami kapasitas RAM pada ponsel pintar Anda bisa menjadi kunci untuk memaksimalkan kinerja perangkat Anda. Dari sini, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang seberapa banyak aplikasi yang dapat Anda jalankan secara bersamaan tanpa mengalami kinerja yang melambat. Pentingnya RAM dalam ekosistem Android tidak dapat diabaikan. RAM, yang […]

Related Post

Mempercepat Lock GPS Android: Teknik Dan Trik Efektif

Dalam dunia modern yang penuh dengan mobilitas, GPS pada perangkat Android telah menjadi elemen penting dalam navigasi sehari-hari. Namun, terkadang terjadi keterlambatan saat mengunci sinyal GPS yang bisa jadi agak menjengkelkan. Di sinilah keingintahuan banyak pengguna Android terbangkitkan – bagaimana sebenarnya cara mempercepat kunci sinyal GPS pada perangkat mereka?. Sebagai pengguna smartphone Android, kita sering […]

Mengoptimalkan Pendapatan Anda Mendaftar Google AdSense Di HP Android

Mengajukan pendaftaran untuk Google AdSense melalui perangkat Android dapat menjadi langkah yang menarik bagi mereka yang ingin memonetisasi konten mereka. Proses ini memungkinkan para pengguna mengakses layanan periklanan langsung dari gawai mereka sendiri, membawa kenyamanan lebih. Meskipun simpel dan cepat, pendaftaran ini melibatkan beberapa langkah yang harus diikuti dengan cermat. Untuk mengajukan permohonan Google AdSense […]

Solusi Ampuh: Cara Menghilangkan Ads Android Secara Efektif

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengalaman menggunakan perangkat Android seringkali diselingi oleh iklan yang muncul di berbagai aplikasi. Meskipun beberapa iklan mungkin relevan dengan minat dan preferensi kita, namun tidak jarang juga iklan-iklan tersebut terasa mengganggu dan merusak pengalaman penggunaan. Oleh karena itu, banyak pengguna Android yang mencari cara untuk menghilangkan iklan-iklan tersebut dari perangkat mereka. […]

Harga Samsung Z1, Spesifikasi Ponsel Tizen Terbaru

Sebagai salah satu perusahaan alat telekomunikasi ternama dari Korea Selatan yakni Samsung memang sangat menjadi idola bagi sebagian besar lapisan masyarakat. Belum lama ini terlihat bocoran spesifikasi dan gambar smartphone yang diberi nama Samsung Z1 seperti yang dilansir dari laman Tizen Experts. Beberapa ponsel hasil rancangan Samsung sangat laku dipasaran seperti misalnya Samsung Galaxy Alpha yang […]

Harga Oppo Joy Dual SIM Layar 4 inci

Di indonesia,  Smartphone oppo memang menjadi tren tersendiri bagi pencinta smartphone karena selain harganya yang murah hp oppo juga memiliki kualitas ponsel yang canggih. Untuk kali ini oppo telah mengeluarkan spesifikasi tipe ponsel terbarunya yang di beri nama Oppo Joy degan fitur Dual SIM yakni dapat mengaktifkan dua Sim Card (GSM+GSM) secara bersamaan di hp oppo […]